Shower Box atau Tirai?

Anda butuh atap baja ringan di Tangerang? WA/SMS 0857-7801-8878, GRATIS konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Shower Box atau Tirai?

atap baja ringanLaporan Utama.
Renovasi Kamar Mandi Mulai Rp 2 Jutaan.

Ada berbagai macam material yang bisa digunakan untuk pembatas antara area kering dengan area basah di kamar mandi. Pilih sesuai dengan bujet anda.

Teks Tiya Septiawati.
Foto Adeline Krisanti.

Saat ini banyak orang tertarik untuk membuat kamar mandi semi-kering. Pada kamar mandi dibuat 2 area, yaitu area basah (untuk mandi) dan area kering (berisi kloset dan wastafel). Pada kamar mandi seperti ini, kloset dan wastafel tidak terguyur air pada saat kita mandi.

Untuk kamar semi-kering seperti ini, anda membutuhkan pemisah. Pilihan paling ekonomis adalah tirai. Kelemahan tirai kurang bisa menahan percikan air ke luar area basah. Selain itu, tirai juga sering kali berjamur sehingga lama-kelamaan bernoda kehitaman. Namun ini adalah pilihan yang paling pas bila bujet pas-pasan.

=====

Anda butuh atap baja ringan di Tangerang?

WA/SMS 0857-7801-8878, GRATIS konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Shower box.

Bila bujet mencukupi, anda bisa menggunakan shower box untuk area basah. Shower box adalah kotak yang terbuat dari kaca, biasanya berukuran 90 cm x 90 cm dengan tinggi 2 m. Saat ini ada banyak variasi bentuk dan model shower box, ada yang terbuat dari kaca bening maupun buram (ice glass) sehingga hanya tampak bayang-bayang orang yang sedang mandi di dalamnya.

Untuk mewadahi air hasil guyuran dari shower dan mencegah air merembes ke luar, bagian bawah shower box dilengkapi alas yang disebut shower tray. Shower tray ini biasanya terbuat dari bahan fiber dan berbentuk seperti mangkuk. Pada shower tray ini juga ditanamkan saluran pembuangan. Agar tidak licin, permukaannya dibuat bertekstur. Di pasaran, ada berbagai macam pilihan shower box, baik yang menyatu maupun terpisah dari shower tray-nya.

Bila tidak menyukai shower box yang dijual dalam bentuk jadi, anda dapat membuat sendiri pintu kaca yang dipasang pada dinding. Dalam memilih material untuk pemisah, Fadli Siradjuddin, arsitek A+Plan Architect and Interior Work menyarankan untuk sesuaikan kebutuhan anda dengan fungsi pembatas tersebut. “Misalnya jika kamar mandi anda luasnya terbatas, pilih pembatas yang transparan agar tidak semakin terasa sempit. Jika ingin area kering yang lebih privat, pilih material solid seperti dinding,” ujarnya.

=====

Anda butuh atap baja ringan di Tangerang? WA/SMS 0857-7801-8878, GRATIS konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Berikut RUMAH sajikan pilihan material pembatas area kering dan area basah pada kamar mandi.

Kaca.

Dengan penggunaan kaca, kamar mandi yang luasnya tidak seberapa akan tetap terasa luas. Terdapat beberapa jenis kaca di pasaran, namun untuk kamar mandi pilihlah jenis tempered glass. Kaca tempered merupakan kaca yang paling aman, karena tidak mudah pecah dibandingkan dengan kaca biasa. Kaca untuk pembatas kamar mandi sebaiknya memiliki ketebalan minimal 1 cm, karena jika terlalu tipis dikhawatirkan mudah pecah. Harga mulai Rp 2.000.000, ukuran 90 cm x 90 cm x 190 cm, bahan tempered glass.

Akrilik.

Banyak keuntungan jika menggunakan partisi dengan material akrilik. Akrilik memiliki berat jenis yang ringan, bisa sampai separuhnya berat jenis kaca sehingga menguntungkan pada saat pemasangan. Akrilik untuk pembatas kamar mandi sebaiknya memiliki ketebalan minimal 1 cm.

Tirai atau shower curtain.

Sifatnya tidak permanen dan dapat langsung diganti jika bosan atau ingin berganti suasana. Jika telah selesai digunakan, tirai dapat digeser ke satu sisi dinding, tidak memakan tempat namun area basah dan area kering tetap dapat terpisah.

Beberapa jenis bahan tirai.

Untuk kamar mandi, antara lain kain, plastik, vinyl, dan polyester. Harga mulai Rp 50.000 ukuran 180 cm x 200 cm, bahan polyester.

Dari ketiga material di atas, material kaca tempered adalah yang paling disarankan sebab selain lebih bersih, kaca tempered juga lebih tahan lama terhadap cipratan air. Namun, bila bujet anda terbatas, tirai berbahan polyester bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Keran atau Shower. Yang Mahal Ada, Yang Murah Banyak

=====

Anda butuh atap baja ringan di Tangerang? WA/SMS 0857-7801-8878, GRATIS konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Kamar mandi ini menggunakan tirai berbahan polyester serta dinding untuk memisahkan area basah dan area kering.

Salah satu contoh penggunaan partisi dengan material kaca.

=====

Sumber:
Tabloid Rumah, Panduan Lengkap Penghuni Cerdas, Edisi 379 – XV, 29 September – 12 Oktober 2017, Renovasi Kamar Mandi Mulai Rp 2 Juta.

2 thoughts on “Shower Box atau Tirai?

Komentar ditutup.