Kiat Merancang Taman Vertikal di Rumah Mungil

Anda butuh atap genteng metal berpasir di Tangerang? Gratis konsultasi kanopi dan rangka atap baja ringan, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Eksterior.

Kiat Merancang Taman Vertikal di Rumah Mungil.

atap genteng metal berpasir

Agar rumah mungil tampak lebih hijau dan terasa adem, taman vertikal bisa jadi solusi. Bagaimana cara merancangnya? Ini dia langkah-langkahnya!

Teks Siti Nahdiatul Fata Murtaza.

Pemilik rumah mungil biasanya bingung bila ingin menghadirkan taman di huniannya, karena terbentur luas rumah yang terbatas. Namun, taman vertikal (vertical garden) menjadi solusi tepat bagi anda yang ingin menghadirkan taman di rumah mungil.

Taman vertikal adalah sebuah taman yang dibuat secara tegak (vertikal), dengan konstruksi yang dapat disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Taman ini juga sering disebut sebagai taman dinding. Kelebihan taman ini adalah penggunaan lahan yang lebih sedikit dibandingkan taman konvensional.

Nah, bagi anda yang ingin membuat taman vertikal, berikut RUMAH sajikan langkah-langkah merancang taman vertikal.

=====

Anda butuh atap genteng metal berpasir di Tangerang?

Gratiskonsultasi kanopi dan rangka atap baja ringan, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Pilih Tanaman.

Sebelum memulai membuat taman vertikal, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih jenis tanamannya. Rizki Syahrazi, konsultan taman dan Marketing Manager PT Godong Ijo Asri, mengatakan, taman vertikal umumnya menggunakan tanaman berbatang lunak dengan berakar serabut seperti jenis tanaman walisongo (schefflera green), philo golden, kalatea, dan monstera.

Senada dengan Rizki, Abdul Sobar, konsultan taman vertikal dari CV Kurniadi, mengungkapkan, tanaman yang biasa dipakai pada taman vertikal merupakan tanaman yang mudah perawatannya seperti adam hawa, bambu jepang, dan rambusa. Selain itu, tanaman rambat seperti sirih gading bisa juga ditanam pada taman vertikal ini.

Wadah Media Tanam.

Untuk membuat taman vertikal, tentu anda membutuhkan wadah media tanam, karena taman vertikal tidak memiliki lahan. Selain pot, anda juga bisa memanfaatkan benda lainnya seperti botol plastik, pipa paralon, stoples, dan mangkuk bekas. Sedangkan untuk konstruksinya, anda dapat menggunakan kayu, kawat, atau besi agar wadah media tanam tertata rapi dan tidak merusak tembok rumah.

Penempatan.

Taman vertikal bisa diletakkan di area indoor atau outdoor. Menurut Rizki, taman vertikal idealnya diletakkan di luar ruang dengan ukuran 10-20 m². Ini untuk memenuhi pencahayaan agar proses fotosintesis berjalan dengan baik.

Namun, jika anda menempatkan taman vertikal di dalam ruang, sebaiknya lakukan penjemuran tanaman pada pagi hari setiap 2 kali dalam seminggu. Merenovasi atap rumah menjadi transparan agar tanaman terkena sinar matahari langsung juga dapat menjadi pilihan. Taman vertikal di rumah mungil idealnya memiliki ketinggian 2 m dan lebat 80-90 cm.

Media Tanam.

Bila tanaman untuk taman vertikal sudah terpilih, kini saatnya anda menyiapkan media tanamnya. Media tanam seperti campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam menjadi pilihan utama agar tanaman tumbuh dengan baik.

Namun, kata Sobar, coco peat atau serabut dari kelapa bisa juga dipakai untuk pengganti tanah pada media tanam di taman vertikal. “Campuran coco peat, sekam bakar, dan pupuk kandang menjadi media tanam paling efektif untuk taman vertikal. Ini karena coco peat berfungsi sebagai penyimpan air sehingga tanaman tidak akan kekurangan air,” jelasnya.

Perawatan.

Agar tanaman di taman vertikal tetap tumbuh dengan baik, berikan pupuk secara rutin setiap 2 bulan sekali dengan memakai pupuk kandang atau pupuk NPK dengan takaran 20 g/20 pot. Sementara, penyiraman dilakukan 2 kali sehari di pagi dan sore hari agar tanaman cukup menyerap air.

Pemangkasan dan penggantian pot baru bisa anda lakukan bila tanaman sudah terlihat rimbun atau pot mulai rusak. Nah, anda yang baru memulai membuat taman vertikal di rumah, sebaiknya memilih pot dari bahan plastik. Selain harganya relatif murah, pot plastik lebih ringan sebagai wadah media tanam taman vertikal sehingga anda tidak butuh konstruksi yang rumit. Selamat mencoba!

=====

Anda butuh atap genteng metal berpasir di Tangerang? Gratis konsultasi kanopi dan rangka atap baja ringan, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Sumber:
Tabloid RUMAH, Panduan Lengkap Penghuni Cerdas, 10 Inspirasi Rumah Mungil, Edisi 380 – XV, 13-26 Oktober 2017.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp