Lantai Tepat Untuk Rumah Mungil

Atap Metal

Dengan pemilihan yang tepat, pelapis lantai mampu membuat rumah mungil terasa luas.

Material

Lantai Tepat Untuk Rumah Mungil

Banyak orang menganggap penutup lantai merupakan hal sepele saat membangun rumah. Padahal, penutup lantai yang tepat mampu memberi kesan luas pada hunian mungil. Melalui motif dan ukurannya, pelapis tersebut dapat menjadi solusi jitu yang menciptakan suasana berbeda pada ruang.

Memilih pelapis lantai untuk hunian mungil tentu berbeda dengan hunian yang luas. M. Zachri Zelhas, desainer interior Granito, menjelaskan, dalam memilih ubin, setidaknya harus didasarkan pada 3 hal, yaitu fungsi ruang, konsep, serta luas ruang. Ketiga hal inilah yang akan berpengaruh pada warna dan motif ubin yang akan digunakan.

“Bila luas ruangnya sedang dan tidak terlalu luas, dapat menggunakan ubin ukuran 60 cm x 60 cm dengan pilihan warna yang terang dan tidak terlalu ramai motif,” saran Zachri.

Ia juga menganjurkan agar jenis ubin yang akan diaplikasikan harus disesuaikan dengan ruang yang ada. “Contohnya pada ruang keluarga, disarankan menggunakan ubin polished (mengilap) dengan warna netral berukuran 60 cm x 60 cm,” ujarnya.

Bagaimana dengan motif? Motif lantai juga hendaknya disesuaikan dengan tema dan nuansa yang diinginkan. Jika ingin rumah bergaya rastik, motif yang mirip semen ekspos dapat digunakan. Jika ingin rasa hangat, yang bermotif kayulah yang sebaiknya dipilih.

=====

Anda butuh atap metal baja ringan di Tangerang?

Gratiskonsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Tetap Bisa Ikut Tren

Namun, anda yang memiliki hunian mungil bukan tidak boleh menggunakan pelapis lantai yang saat ini sedang tren, yaitu yang ukurannya kecil dan bermotif ramai atau vintage. Jimin Sjuman, General Manager Marketing ROMAN Ceramics, mengungkapkan motif vintage, yang kerap disebut desain “jadul” kini hadir kembali dengan teknologi dan sentuhan yang lebih modern.

Tampilan lantai seperti ini mampu memberikan keunikan tersendiri ke dalam ruang. Tak heran motif ini kembali diminati.

Motif vintage yang ramai dan berwarna menyala memang lazimnya diaplikasikan pada ruang yang luas. Namun, ada beberapa tips bila anda ingin mengaplikasikannya di hunian mungil. Selain sebagai aksen, anda bisa mengaplikasikan motif ini sebagai focal point di salah satu ruang. Penempatan motif vintage di area tengah lantai ruangan akan membuat suasana interior semakin berkarakter, namun tidak terlihat penuh.

Selain itu, karena keramik vintage sudah cukup menonjol, sebaiknya dipadupadankan dengan cat dinding berwarna netral, seperti putih atau krem.

Pelapis lantai dengan motif vintage saat ini sedang menjadi tren. Anda tetap dapat mengaplikasikannya pada hunian mungil asal peletakannya tepat.

=====

Anda butuh atap metal baja ringan di Tangerang? Gratis konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Tips Kombinasi Warna Lantai, Dinding, Plafon

Selain lantai, ada 2 elemen ruang lain yang membentuk suasana pada ruang, yaitu dinding dan plafon. Kombinasi warna yang tepat dari ketiganya akan menciptakan efek tertentu, seperti menciptakan kesan luas serta tinggi. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain berikut ini.

– Kombinasi warna gelap pada penutup lantai dengan warna cerah pada plafon akan membantu membuat kesan luas pada ruang.

– Kombinasi warna cerah pada penutup lantai dan dinding belakang dengan warna gelap pada plafon dan sisi-sisi dinding lainnya dapat menciptakan kesan memanjang ke belakang.

– Kombinasi warna cerah pada penutup lantai dan dinding belakang dengan warna gelap pada plafon dapat memberikan kesan tinggi pada ruang.

– Kombinasi warna cerah pada penutup lantai, dinding, dan plafon dapat membuat kesan lega dan luas pada ruang.

atap metal

=====

Sumber:
Tabloid RUMAH, Panduan Lengkap Penghuni Cerdas, 10 Inspirasi Rumah Mungil, Edisi 380 – XV, 13-26 Oktober 2017.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp