Semua Serba Praktis

Balok Baja Ringan

Laporan Utama

Material-material yang mudah dipasang diperkirakan akan berjaya di tahun ini.

Material
Semua Serba Praktis

balok baja ringan

Gaya hidup dengan mobilitas tinggi menuntut segala sesuatunya menjadi praktis dan dinamis. Tak terkecuali dunia material bangunan, yang menuntut segala sesuatunya dibuat serba cepat dan simpel. Francis Surjaseputra, arsitek sekaligus Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) periode 2013-2015, mengungkapkan, “Material yang akan ngetren tahun depan (2018) adalah material-material yang mudah dipindah-pindah dan ringan, misalnya gipsum, GRC.”

Sejalan dengan itu, Ade Mulyanti, Heada of Design Center Perumnas, juga mengungkapkan bahwa material-material yang praktis dan gampang dipasang akan menjadi pilihan di tahun mendatang. Hal ini berkaitan dengan suasana hati penghuni rumah yang cepat berganti, sehingga menuntut penggunaan material yang mudah digonta-ganti.

=====

Balok Baja Ringan

Anda butuh kanopi dan rangka atap baja ringan Tangerang? Gratis konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun. WA 0857-7801-8878.

=====

Papan Gipsum

Salah satu material yang diprediksi akan menjadi tren di tahun ini ialah papan gipsum. Material ini sudah lazim dipakai di rumah-rumah di perkotaan, umumnya sebagai penutup plafon dan partisi ruang. Gipsum muncul sebagai pengganti tripleks dan asbes, karena dianggap lebih kuat dan tampilannya bagus, tidak beracun, serta mudah dan cepat dipasang.

“Tapi, secara keseluruhan pemakaian gipsum di Indonesia masih sedikit. Beda dengan negara maju seperti Amerika Serikat, masyarakatnya umumnya sudah memakai gipsum,” ujar Francis. Proses pemasangan yang cepat dianggap sesuai dengan gaya hidup penghuni rumah sekarang yang menginginkan perubahan cepat.

“Misalnya, kalau gipsum rusak, terkena air terus menerus, kita tidak perlu mengganti seluruh papan pada tripleks atau asbes. Tinggal memotong dengan cutter bidang yang rusak, kemudian menggantinya dengan bidang baru seluas bidang yang dipotong,” ujarnya.

Pengganti Wallpaper

Satu lagi material yang masih akan berjaya di tahun 2018 adalah penggunaan wallsticker sebagai pengganti wallpaper. Pemasangan wallpaper yang harus memakai jasa tukang dinilai merepotkan. Penghuni pun cenderung mencari material lain yang mudah dipasang dengan tangan sendiri.

Wallsticker hadir sebagai solusi. Sekilas, material ini serupa dengan wallpaper bila sudah terpasang di dinding. Namun, pemasangannya jauh lebih mudah. Di bagian belakang wallsticker sudah ada perekatnya sehingga pemilik rumah dapat dengan mudah menempelkannya ke dinding.

Berdasarkan liputan tim RUMAH beberapa bulan terakhir, material ini sudah banyak terpasang di rumah-rumah yang kami liput. Permukaan yang diaplikasikan wallsticker pun beragam, mulai dari dinding, lantai, hingga perangkat elektronik. Karena sifatnya yang fleksibel dan praktis, Francis mengatakan bahwa material ini masih akan terus berjaya di tahun ini.

Balok Baja Ringan

=====

Sumber:
Tabloid RUMAH, Panduan Lengkap Penghuni Cerdas, Tren Interior 2018 Lebih Ekspresif dan Alami, Edisi 381 – XV, 27 Oktober – 09 November 2017.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp