Toilet Jongkok VS Toilet Duduk, Lebih Sehat Mana?

Biaya Atap Baja Ringan Per Meter

Rumah Sehat

Kesalahan memilih jenis toilet ternyata memiliki dampak yang cukup berbahaya terhadap kesehatan, lho!

Toilet Jongkok VS Toilet Duduk
Lebih Sehat Mana?

Saat sedang membangun rumah, anda akan dihadapkan pada beragam pilihan, mulai dari material lantai, material dinding, sampai perangkat sanitari, dari yang tercanggih, hingga yang paling sederhana. Salah satu yang perlu anda pikirkan adalah pilihan desain toilet, bagaimana agar selain sesuai kebutuhan, juga mampu memperindah kamar mandi anda.

Lazimnya, terdapat 2 jenis toilet yang dikenal, yakni toilet duduk dan toilet jongkok. Jika anda melihat dari sudut pandang estetika, toilet duduk pasti jadi pilihan utama anda. Terlebih lagi, bila toilet duduk tersebut dilengkapi beragam teknologi mutakhir dengan pilihan warna yang menarik.

Meskipun toilet duduk sudah ada sejak lama, namun toilet duduk dan toilet jongkok mulai dibandingkan lagi pada tahun 1960, ketika sejumlah buku teks medis menyarankan bahwa posisi jongkok ternyata lebih sehat.

Dokter umum dari Bandung, dr. Etika Muslim, berpendapat bahwa posisi jongkok merupakan posisi ideal bagi seseorang untuk mengeluarkan feses. “Pembentukan feses ada di bagian usus, keluar melalui rektum dan anus. Bila posisi anda duduk, maka ada bagian usus, rektum, dan anus yang bengkok. Tekanannya pun lebih kecil dibandingkan dengan posisi jongkok, hingga anda harus mengejan bila akan buang air besar,” ujar Etika. Perempuan berkerudung ini menjelaskan, hal tersebut bisa mengakibatkan luka dan penyakit wasir.

Lantas, apakah dengan begitu, toilet duduk merupakan jenis yang tidak dianjurkan para ahli kesehatan? Jangan salah kaprah, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah plus-minus dari kedua jenis toilet tersebut.

=====

Biaya Atap Baja Ringan Per Meter?

Anda butuh kanopi dan rangka atap baja ringan di Tangerang? WA 0857-7801-8878 dan dapatkan Gratis konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi rangka atap 10 tahun.

=====

Toilet Jongkok

biaya atap baja ringan per meter

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Digestive Disease and Science, Dov Sikirov, sang peneliti, menilai bahwa berjongkok atau duduk saat di toilet bisa memengaruhi kelancaran anda saat buang air besar (BAB).

Dalam penelitian tersebut, Sikirov menginstruksikan peserta untuk BAB di tiga posisi berbeda: duduk di toilet setinggi 16 inci, duduk di toilet setinggi 12 inci, dan jongkok di atas wadah plastik. Setiap peserta diperintahkan untuk merekam berapa lama mereka BAB. Studi menunjukkan, ketika jongkok peserta hanya butuh 51 detik untuk mengeluarkan feses mereka. Sedangkan saat duduk, dibutuhkan waktu sekitar 130 detik. Orang-orang yang berjongkok saat BAB juga mengaku merasakan pengalaman buang air besar yang lebih mudah.

Peneliti dari Squatty Potty, perusahaan penyedia pijakan toilet, juga menunjukkan sejumlah manfaat sehat dari toilet jongkok, yaitu mengurangi sembelit, kembung, dan gas; menurunkan insiden dan gejala wasir; meningkatkan kesehatan usus besar secara keseluruhan; otot panggul dan kontrol kandung kemih menjadi lebih baik; serta mengurangi ketegangan dan proses BAB menjadi lebih cepat.

Kelebihan:

* Feses lebih mudah keluar, mengingat tekanan pada otot lebih maksimal.
* Tidak terjadi kontak langsung dengan kulit sang pemakai, sehingga lebih higienis.
* Melatih kekuatan otot kaki dan dasar panggul.
* Memperkecil kemungkinan terkena penyakit ambeien.

Kekurangan:

* Kurang nyaman.
* Sang pengguna mudah terpeleset.
* Dapat menyebabkan gangguan lutut, karena posisi jongkok yang terlalu lama.

Toilet Duduk

Biasanya terbuat dari material porselen, berbentuk menyerupai kursi -lengkap dengan sandaran bahu- dengan fasilitas flush untuk menyiram sisa kotoran. Teknologi inilah yang semakin berkembang setiap waktunya.

Kelebihan:

* Tingkat kenyamanan tinggi.
* Bisa dibuat bersandar.
* Aman bagi anak dan orang tua.
* Praktis.

Kekurangan:

* Feses lebih sulit keluar ketika buang air besar.
* Dudukannya lebih mudah kotor dan tidak higienis, karena diduduki oleh orang-orang yang berbeda.
* Menjadi penyebaran penyakit kulit dan infeksi kelamin.
* Memicu penyakit wasir dan ambeien.

Terus, bagaimana kalau di rumah sudah terpasang toilet duduk? Harus dibongkar dan dipasang ulang dengan toilet jongkok? Tidak perlu. Anda bisa menggunakan sebuah pijakan yang diletakkan di bawah toilet duduk, yang akan membuat posisi BAB anda berjongkok.

Untuk mendapatkan manfaat sehat toilet jongkok, anda tetap bisa menggunakan toilet duduk, dengan tambahan pijakan di bawahnya.

Biaya Atap Baja Ringan Per Meter

=====

Sumber:
Tabloid RUMAH, Panduan Lengkap Penghuni Cerdas, Tren Interior 2018 Lebih Ekspresif dan Alami, Edisi 381 – XV, 27 Oktober – 09 November 2017.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp