Multipleks untuk Dinding Kamar Mandi? Bisa!

Biaya Ganti Atap Baja Ringan

Material

Multipleks dikenal sebagai material yang tidak tahan air. Tetapi sebenarnya multipleks bisa digunakan di kamar mandi, lho!

Multipleks untuk Dinding Kamar Mandi? Bisa!

biaya ganti atap baja ringan

Material yang satu ini lazimnya digunakan sebagai material kitchen set atau furnitur. Tapi, siapa sangka multipleks atau plywood juga bisa diaplikasikan pada kamar mandi? Susanti, desainer interior Hommy Living, berani menggunakan multipleks sebagai pelapis dinding kamar mandi di rumahnya.

Yang jelas, menggunakan material ini pun tentu tak boleh asal, sebab multipleks terkenal tak tahan air. Susanti memberikan sedikit tips. “Multipleks hanya digunakan di kamar mandi kering dan hanya diaplikasikan pada dinding saja,” ujarnya.

Senada dengan Susanti, Fadli Siradjuddin, arsitek A+Plan Architect and Interior Work, mengungkapkan, pastikan kamar mandi selalu kering dan hindari multipleks dari cipratan air.

=====

Biaya Ganti Atap Baja Ringan

Anda butuh kanopi dan rangka atap baja ringan di Tangerang? Hubungi Baja Ringan Tangerang WA 0857-7801-8878 dan dapatkan gratis konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi rangka atap 10 tahun.

=====

Aplikasi Mudah

Memasang multipleks ke dinding kamar mandi terbilang mudah. Di kamar mandinya, Susanti menempelkan multipleks ke dinding yang sebelumnya berlapis keramik. “Tinggal dilem saja menggunakan lem kayu, lalu sambungannya didempul, diampelas, kemudian dicat,” jelas Susanti.

Untuk melapisi dinding kamar mandi dengan multipleks, Susanti menggunakan multipleks dengan ukuran ketebalan 2 mm dan menghabiskan dana Rp 2.000.000 untuk kamar mandinya yang seluas 6 m x 2 m.

Mengenal Multipleks

Multipleks merupakan kayu olahan yang relatif lebih awet dibandingkan dengan kayu olahan lainnya seperti MDF, blockboard, dan particle board. Bahan dasarnya adalah lembaran kayu berlapis-lapis dan disatukan dengan tekanan tinggi, sehingga teksturnya lebih rapat dan kuat. Ketebalan multipleks bermacam-macam, yaitu 3 mm, 4 mm, 6 mm, 9 mm, 12 mm, 15 mm, dan 18 mm.

Kelebihan:

* Serat lebih padat karena dalam proses pembuatannya disatukan dengan tekanan tinggi.
* Kuat dalam berbagai suhu ruangan.
* Lebih tahan lembap dibandingkan kayu olahan lainnya.
* Stabil, tidak mengembang atau menyusut.
* Untuk ketebalan 3 mm, tampilannya masih seperti kayu karena menggunakan veneer kayu asli.

Kekurangan:

* Untuk ketebalan 9 mm ke atas, susah dilengkungkan.
* Harga lebih mahal di antara produk kayu olahan lainnya.

Biaya Ganti Atap Baja Ringan

=====

Sumber:
Tabloid RUMAH, Panduan Lengkap Penghuni Cerdas, Tren Interior 2018 Lebih Ekspresif dan Alami, Edisi 381 – XV, 27 Oktober – 09 November 2017.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp