5 Tips Memilih Lantai Dapur

Biaya Pemasangan Baja Ringan

Tips

Pilih penutup lantai yang tepat untuk dapur yang aman, juga cantik!

5 Tips Memilih Lantai Dapur

biaya pemasangan baja ringan

Sebagai tempat berpijak, material penutup lantai haruslah diperhatikan dengan baik. Terlebih di area dapur yang rentan basah dan berisiko licin. Belum lagi masalah tumpahan masakan, yang bila dibiarkan, bisa menumpuk jadi noda membandel di lantai. Kalau sudah begini, aktivitas di dapur tentu jadi tidak nyaman dan tampilannya pun tidak indah lagi. Berikut ini, RUMAH berikan tips memilih material penutup lantai dapur yang tepat untuk dapur cantik dan juga nyaman. Semoga bermanfaat!

1. Material
Material paling praktis tentulah keramik, karena harganya lebih terjangkau serta sifatnya yang lebih tahan air dibandingkan homogeneous tile. Anda juga bisa menggunakan lantai semen ekspos untuk kesan rastik di dapur. Pastikan lantai semen ekspos sedikit bertekstur untuk menghindari lantai licin bila terkena air.

2. Tekstur
Pilih pelapis lantai dapur yang bertekstur atau yang tidak mengilap (matte). Ini berkaitan dengan keamanan selama beraktivitas di dapur. Tekstur pada permukaan material akan mengurangi risiko terpeleset bila lantai dalam keadaan basah.

3. Ukuran
Untuk dapur yang berukuran mungil, sebaiknya pilih keramik berukuran besar, misalnya 60 cm x 60 cm. Semakin sedikit sambungan atau nat pada lantai, maka ruang akan terkesan lebih luas. Anda juga bisa mengakali ukuran nat jadi lebih kecil. Namun ini bisa berisiko keramik terlepas dan popping di kemudian hari bila materialnya tidak tepat.

4. Warna dan Motif
Warna dan motif apapun bisa anda gunakan untuk lantai dapur. Semuanya bergantung dari konsep dapur yang hendak ditampilkan dan selera pribadi. Anda juga bisa memadukan ubin polos dengan ubin bermotif untuk tampilan dapur yang unik.

5. Perekat dan Pengisi Nat
Bila lantai dapur menggunakan keramik, gunakan perekat khusus keramik. Dengan begitu, risiko keramik rusak akibat popping bisa dikurangi. Begitu juga dengan pengisi nat. Saat ini tersedia pengisi nat berbagai warna, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan warna keramik. Tampilan lantai pun jadi makin cantik.

=====

Biaya Pemasangan Baja Ringan

Anda butuh info biaya pemasangan baja ringan kanopi dan rangka atap di Tangerang? Segera hubungi Baja Ringan Tangerang WA 0857-7801-8878. Gratis konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi rangka atap 10 tahun.

=====

Serba-serbi

Penghangat Ruang Ramah Lingkungan

Lucilla Torres dan Max Almeida, desainer studio Estudio aCo, merancang penghangat ruang ramah lingkungan bernama The ECN. Penghangat ruang berbahan keramik ini diklaim hemat energi dan mampu memancarkan panas untuk warna yang lama.

Penghangat ruang ini punya desain menarik dan tersedia dalam 3 warna, yakni putih, merah, dan kuning. Dilansir dari Inhabitat, The ECN pertama kali dipamerkan di Design Week Mexico dan berhasil memenangkan penghargaan Inedito di acara tersebut. Keren!

Hotel Unik dan Penuh Warna

Studio MVRDV Belanda telah membangun hotel unik nan futuristik yang penuh warna. Bernama (W)ego, hotel ini terdiri dari 9 ruang dengan tampilan warna-warni yang cerah. Warna kuning, merah muda, hijau, biru, dan ungu tampil apik menghiasi seluruh ruang hotel.

Dilansir dari Dezeen, Winy Maas, pendiri MVRDV, mengatakan bahwa (W)ego mengusung konsep konfigurasi, sehingga memudahkan penginap untuk berpindah ke ruang lain dengan menggunakan tangga. (W)ego telah didirikan di Markt Square dan dipamerkan di Dutch Design Week, yang telah berlangsung pada tanggal 21-29 Oktober 2017 di Eindhoven, Belanda.

Ada Kampung Kurcaci di Purbalingga

Berkunjung ke Purbalingga kurang lengkap bila tak mampir ke Kampung Kurcaci yang berada di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja. Tak hanya menyajikan keindahan alam, tempat wisata ini juga diselimuti udara sejuk karena berada di kaki Gunung Slamet.

Edi Susanto, pengelolanya, mengungkapkan, awalnya rumah-rumah kurcaci hanya berfungsi sebagai sekolah alam untuk menarik minat belajar anak-anak desa. Tetapi, karena semakin banyak pengunjung yang datang, akhirnya rumah ini pun dibuka untuk tempat wisata. Area ini dilengkapi beberapa fasilitas, seperti arena bermain tradisional, perpustakaan alam, rumah pohon, panggung kurcaci, dan lahan kemah.

Mengutip dari www dot tribunnews dot com, anda wajib menggunakan bahasa Jawa Krama ketika berkunjung di Kampung Kurcaci. Untuk masuk ke Kampung Kurcaci, setiap pengunjung wajib membeli tiket seharga Rp 5.000. Bagaimana? Anda tertarik?

Bangunan dari Plastik Daur Ulang

Pameran Dutch Design Week tahun 2017 tak hanya menampilkan bangunan atau furnitur dengan desain menarik. Studio desain Bureau SLA dan Overtredes W menghadirkan bangunan dengan material dari plastik daur ulang yang bernama The People’s Pavilion. Dikutip dari Dezeen, plastik yang digunakan untuk membangun The People’s Pavilion didapat dari sampah warga setempat.

Menurut sang arsitek, penggunaan bahan daur ulang tentu lebih ramah lingkungan dan menghemat biaya dibandingkan penggunaan material baru. Bangunan ini memiliki luas 250 m2 dan dapat menampung 800 orang. Buat anda yang tertarik mengunjungi The People’s Pavilion, bangunan ini terletak di Ketelhuisplein, Eindhoven, Belanda.

Baca juga: Terinspirasi Vila di Bali

Biaya Pemasangan Baja Ringan

=====

Sumber:
Tabloid Rumah, Panduan Lengkap Penghuni Cerdas, Edisi 382 – XV, 10-23 November 2017, Kiat Sukses Satukan Dapur & Ruang Makan.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp