Tren Perca pada Sofa

Anda butuh material atap baja ringan dan genteng metal berpasir di Tangerang? WA/SMS 0857-7801-8878, GRATIS konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Tren Perca pada Sofa.

material atapPenghuni rumah yang bosan dengan satu motif tertentu telah melirik pada teknik patchwork untuk melapisi kursi panjang dalam ruangan.

Teks Tiya Septiawati.

Teknik ini telah lama kita kenal. Bukanlah barang baru. Tapi, kini penerapan teknik patchwork telah merambah ke mana-mana. Tujuannya, mengusir kebosanan dan memberikan nuansa segar. Salah satu contohnya kita jumpai dengan mudah pada kain pelapis sofa.

Rizky Rahmat Oentoe, pemilik usaha sofa Antik Mebel, mengatakan, tren patchwork sebenarnya sudah hadir sekitar tiga sampai empat tahun silam. Meski terjadi penurunan pada tahun ini, Rizky masih menerima pesanan sofa dengan kain pelapis patchwork sebanyak 2-3 pelanggan setiap bulan. Soal harga, ia menawarkan sejumlah angka. Misalnya, untuk sofa jenis wingchair, ia membanderol mulai dari Rp 3,5 juta, sementara jenia armchair berawal dari Rp 3 juta.

=====

Anda butuh material atap baja ringan dan genteng metal berpasir di Tangerang?

WA/SMS 0857-7801-8878, GRATIS konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi. Garansi konstruksi 10 tahun.

=====

Kalau kita telaah media sosial, misalnya instagram, para penghuni rumah kini makin berani mencoba teknik atau seni yang dianggap tak biasa untuk menghiasi ruangan. Itu sebabnya, kita lazim mendapati teknik patchwork dalam elemen dekorasi ruangan. Menurut Marissa Fauzia, pengrajin modern patchwork bernama MK Home, teknik ini sudah dikenal lama di luar negeri, tapi di negara kita belum banyak dikenal. “Padahal prosesnya menarik.” Belakangan, lanjut Marissa, patchwork memiliki desain baru yang lebih modern dengan warna-warna monokromatik atau motif yang simpel sehingga lebih menarik.

Lantaran dianggap berhasil menambah cantik dekorasi, penghuni rumah menerapkan teknik patchwork pada beragam elemen dekorasi, seperti selimut, karpet, dan sarung bantal. Proses pembuatannya dikerjakan dengan tangan. “Motif yang didapat bukan print, tapi kain yang dipotong-potong menggunakan rotary cutter dan cutting mat agar mendapatkan blok kain yang presisi, lalu disambung sehingga membentuk geometri dan warna yang harmonis. Kain itu lalu dilapis dacron dan diberi kain kemudian di-quilt dengan tangan,” jelas Marissa.

Nah, buat anda yang tertarik menerapkan teknik patchwork untuk pelapis sofa, kami menyajikan sejumlah inspirasi yang bisa jadi referensi.

Motif khas yang dihadirkan dengan teknik patchwork mampu menambah kesan unik di dalam ruang.

Tak harus seluruhnya, motif patchwork juga bisa diaplikasikan pada salah satu bagian sofa.

Sandingkan throw patchwork dengan sofa putih yang tak bermotif.

Beberapa motif kain berpadu menjadi pelapis sofa.

Baca juga: Dapur Industrial Menghadap Taman.

=====

Sumber:
Tabloid Rumah, Panduan Lengkap Penghuni Cerdas, Edisi 379 – XV, 29 September – 12 Oktober 2017, Renovasi Kamar Mandi Mulai Rp 2 Juta.

1 thought on “Tren Perca pada Sofa

Komentar ditutup.