Pilihan Jitu Material Buat Jalan Setapak

Anda butuh rangka atap baja ringan di Tangerang? WA 0858-7801-8878, GRATIS konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi.

=====

Pilihan Jitu Material Buat Jalan Setapak.

rangka atap baja ringanTak hanya selaras dengan desain taman, bahan dasar untuk tempat kaki berpijak juga perlu memerhatikan faktor ketahanan dan keamanan. Yuk, simak panduannya.

Teks Siti Nahdiatul Fata Murtaza.
Foto Jou Endhy Pesuarissa.

Kita tentu tak ingin taman cantik di pekarangan berubah tampilannya gara-gara terinjak. Itu sebabnya, kita perlu menempatkan jalan setapak di antara penutup lantai taman atau tanaman semak. Agar nyaman dan aman saat dipijak, kita perlu memerhatikan pilihan material untuk jalan setapak di dalam taman. Tentu, kita tak ingin sewaktu musim hujan tiba, tempat pijakan tadi justru memicu bahaya, seperti terpeleset hingga membuat terjatuh.

Lantas, bagaimana memilih material untuk jalan setapak yang aman dan nyaman? Perancang taman Tigor Siahaan memberikan jurus jitu. Tentu, ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan, seperti kesesuaian desain, warna, ketahanan bahan, hingga harga. Tak usah khawatir, Tigor mau berbagi ilmu soal pilihan material tadi. Yuk, kita simak.

=====

Anda butuh rangka atap baja ringan di Tangerang? WA 0858-7801-8878, GRATIS konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi.

=====

Batu Templek.

Ada banyak jenis batu templek yang bisa digunakan sebagai material jalan setapak, seperti batu templek malingping, salagedang, dan purwakarta. Batu templek cocok untuk tampilan yang alami. Karena bisa disusun dengan pola acak dengan tekstur yang tak rata dan permukaan yang kasar, batu templek aman serta tak licin saat dipijak. Biar tampak serasi, nat antar-batu templek diisi dengan rumput, kerikil, kucai atau tanaman lain.

Batu Bata.

Material ini jadi pilihan tepat buat pemilik rumah yang mendambakan tampilan taman dengan konsep rastik, tradisional, atau tropis. Selain harganya yang relatif murah, kelebihan material ini adalah permukaannya yang kasar dan tidak licin saat diinjak. Tapi, kalau memilih bata, sebaiknya lapisi bata dengan cairan finishing agar tak gampang berlumut dan menyerap air.

Batu Alam.

Batu alam jenis andesit tak hanya cocok sebagai material kolam ikan atau air terjun kecil. Material ini juga bisa kita aplikasikan pada jalan setapak. Maklum, ada sederet kelebihan, seperti berpori-pori padat sehingga tak mudah ditumbuhi lumut, permukaan yang sedikit kasar, dan tahan dalam segala jenis cuaca. Ukuran batu andesit yang ideal dipakai untuk jalan setapak yakni dengan lebar 30-60 cm dan ketebalannya 3-4 cm.

Paving Block/Grass Block.

Material berikutnya yang tepat digunakan sebagai pengeras jalan setapak adalah grass block atau paving block. Kedua material ini terbuat dari beton yang dicetak berbentuk segi lima atau segi enam. Selain kokoh, paving block atau grass block punya permukaan yang kasar dsn mudah saat pemasangannya. Jika terjadi kerusakan pada salah satu grass block atau paving block cukup angkat bagian yang rusak dan diganti yang baru tanpa harus membongkar keseluruhan area. Untuk ukurannya, kita bisa memakai paving block atau grass block dengan diameter 10-15 cm.

Koral Sikat.

Salah satu model jalan setapak yang masih terus digemari adalah jalan yang terbuat dari koral sikat. Bahannya yang tak licin. Selain itu, material ini bisa dibentuk dan diberi motif apa saja, mulai dari bentuk sederhana hingga yang rumit dan membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Ada banyak pilihan warna, seperti hitam, abu-abu, putih, dan merah. Bila memakai material ini, sebaiknya kita memilih ukuran batu dengan diameter 2-3 cm agar lebih nyaman saat dipijak.

=====

Anda butuh rangka atap baja ringan di Tangerang? WA 0858-7801-8878, GRATIS konsultasi, estimasi biaya dan survei lokasi.

=====

Sumber:
Tabloid Rumah, Panduan Lengkap Penghuni Cerdas, Edisi 379 – XV, 29 September – 12 Oktober 2017, Renovasi Kamar Mandi Mulai Rp 2 Juta.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp